The Differences Between Javanese and Madurese

ini sekedar pengalaman gw aj slama tinggal di Madura….

Ternyata orang Madura itu ga spt yg org2 kira slama ini.. kebanyakan orangย  negative thinking kalo uda dengar kata Madura, termasuk gw sih sblmnya :)..

tapi,,,, not like that!..

berteman dg tmn2 gw yg di Luar Madura memang menyenangkan, tetapi setelah berteman dengan orang Madura jg lebih menyenangkan… Ada beberapa hal yang membedakan antara orang madura dan Jawa selama gw berteman dg mereka….

Menurut versi gw neh,, kalo orang Jawa itu prinsipnya “siapa cepet, dia dapet”, nah kalo org Madura “jangan disentuh sebelum kumpul smua”

Kalo lg kumpul ma tmen2 luar madura neh,,, kebersamaan n kesetiaan kurang kalo di bandingin ma orang Madura.. Kalo ada sesuatu neh klo misalkan ada acara gt,, kalo tmen yg laen dah dateng, n tmen laen blm, pzti ditinggal dl n b’pkir biar bareng ma yg laen aja… tapi ada lg yg laen entah bagus ato gak neh.. kalo lg ada sesuatu gt prinsipnya siapa cepet dia dapet,, jadi yg pertama ambil ya yg bnyak dapet,, truz kl ada tmen yg dket dikasih tp kl g dket dibiarin.. N kebanyakan jg klo dah dpt tmn br tmen lm d lupain (kesetiaanya kurang) *berlaku jg bwt gw kyknya penjelasan dr td*.. tp gw te2p cinta ma sobat2 gw yg da di luar madura.. ๐Ÿ˜€

Nah ini nih yg bikin orang Madura beda,, segala sesuatunya mesti kudu bareng2.. eitzzz tp ne g berlaku buat org Madura sok Kota, Madura blestran n g berlaku buat orang Sumenep (piss ๐Ÿ™‚ hehe ).. Cz selama gw berteman dg org Madura, org Sumenep sm aja ma org Jawa, hampir sama lah.. (tp apa mgkn krn tmen2 gw yg Sumenep org2 kota y? jd gtau watak yg desa)…ย  yaa ini berlaku hanya untuk orang Madura asli,, bener2 asli n paling melekat jg di org Madura desa.. kaya wktu KKN neh,, n wktu dmn aja kebersamaannya melekat bgt… dari mulay makan ampe jalan2,, yah pokonya slm gw d Madura n kenal org Madura dapet suasana baru z.. kalo ada apa2 sll nungguin yg laen ada dl… n klo dpt apa2 pzti g d sembunyiin.. :), orang2nya setia n menghargai bgt….. *ini yg bet gw belajar bnyak n dapet banyak dr mereka*

sebenere masih banyak se,, buanyaaak bgtz,,, tp takut yang baca capek.. hahay…..

yaa kurang lebih seperti itu….. ๐Ÿ™‚ meskipun seperti itu gw te2p cinta ma tmen2 gw entah Jawa ato Madura…

Lenyapnya Nokia N8

hmm… sekedar antisipasi aja bwt smua…..

Ne crtita gw wkt mo balik k Madura tepatnya d Bangkalan karena mo mencari ilmu di Universitas Trunojoyo..

Nah waktu itu jam 17.00 gw kn naik bus tuh,, di kawal nyokap, de2k, ama sepupu (yg nyetir sblm aq d bus). setelah menempuh sekitar +- 1,5ย  jam, gw nyampe di Terminal Oso Wilangon.. gw bingung cz yg mo jmpt gw g dtg2,, akhirnya gw naik len (mikrolet) ijo jurusan JMP. itu pertama kalinya gw naik angkot mlm2 dr Surabaya. Continue reading