Ada Belerang di Pamekasan Madura

Ini dia neh wisata alam yang ga kalah seru dan unik di Madura. Kali ini wisata alam sungai belerang, disini gw sama temen-temen puas-puasin berendem (padahal sebenernya gw kagak ikut berendem juga see hehe). Awalnya gw ngajak temen-temen buat silaturrahim ke rumah pak klebun (kepala desa) di tempat KKN kelompok gw yaitu di desa Panggung kecamatan Sampang Madura. Nah setelah melepas kangen dengan warga desa Panggung, temen gw, Mamang nyari tempat pemandian air panas di Sampang, karena dia lagi terserang penyakit gatal-gatal dan bentol-bentol 😀 hehe piss ya Mang… *yaa sapa tau dengan berendem air anget bisa ngurangin gatel2 di badannya dia*. Pak klebun dan yang lain gak ada rekomendasi dimana tempatnya karna mungkin kagak ada yang tau jg. “kata temenq sih ada di sekitar Camplong.” Kata Mamang. Ya uda kita berangkat aja kesana.

Pas nyampe di Camplong (wisata pantai daerah Sampang), temen2 bingung gak tau tempatnya, ya uda kita lurus aja tiba2 temen gw yang laen Sanusi bilang kalo dia tau tempat pemandian air panas di daerah pamekasan. Awalnya sih Mamang ga mau pulangnya ntar kemaleman, tapi ya gmn lagi, dia lagi butuh ya uda deh di samperin aja. Rencana lain mau makan nasi khas Sampang yaitu nasi Kobel nasinya nelayan terlewat karena ga krasa dah terlewati,, yaa jadinya kita lanjut deh perjalanannya..

Setelah menempuh kurang lebih 30km akhirnya nyampe juga di daerah Talang Pamekasan yang ternyata lumayan dekat dengan kota Sumenep. Ketika gw am temen2 nyampe, g percaya bgt mo turun ke tempat itu, tempatnya kecil, ya kaya sungai gt, tapi ada kolam di dalemnya. Ada orang mandi lg *ya iya lah namanya juga tempat umum*. Ternyata gerimis….. akhirnya kita ga jadi turun nyari sarapan dulu (what?? Sarapan jam 2 siang??) yah tadi pagi ga sarapan seh,, ternyata malah ujan derezz jdx kita mampir dulu di mesjid sholat n akhirnya maem juga.. disana kita maem di depot soto Talang tapi menu soto Talang ga ada… huft..

Setelah selesai makan, langsung ke TKP. Disana sepi cz td paz ujan gda orang, jd paz  reda jg gada orang.. , ternyata belerang adalah semacam bebatuan Kristal yang panas. Nah yang di Talang Pamekasan itu ada belerang yang dialiri air (ato malah tiba2 ada airnya, kagak tau jg sejarahnya. Gda yg bs ditanya soal itu). Ada 2 kolam dan ada sungai. Karena habis ujan derez jadinya air yg mengalir dari atas terasa dingin, tapi ketika uda nyampe bawah (sungai ato kolam) jadi anget cz ada belerangnya disitu. Kebanyakan orang menganggap air tsb bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal2 dan sejenisnya n malah ampuh untuk smua penyakit luar. Yaa percaya ga percaya, percaya aja deh.. temen gw lgsung tuh berendem, eeh yang lain malah ribet ga bawa ganti. “kenapa ga bilang dari tadi kalo mo berendem, tau gt kan aku bawa celana” kata temen gw Cak Mor.

Wah uniknya lagi disana banyak banget celana / kaos pendek n bahkan underwear yang di gantung di berbagai ranting pohon. Kabarnya itu sebagai tanda pemberian ato apa lah itu gw jg kgak ngarti yang pasti kalo punya hajat pengen sembuh penyakitnya, baju yang dipake berendem di gantungin di ranting pohon sekitar situ.

Temen2 gw sih gda yang naruh apa2 di situ, cm pengen ngerasain aja berendam di tempat  itu. Seru banget lah ternyata Madura itu, apa lagi di sepanjang jalan ada pemandangan alami yang menyejukkan hati kaya sawah2 yang ijo2 en yg kaya gini ne

Ga bosen dah kalo disuruh keliling ke tempat wisata di Madura,, 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Ada Belerang di Pamekasan Madura

    • asline keren2 bang.. cuma gag niat moto gawe mosting,, poto narsis2an dadi kurang fokus.. 🙂 n airnya itu juga asline jernih kalo ga ada ujan… karena ujan jadinya kena lumpur…
      n yang terakhir itu d sepanjang jalan lewatan… lautnya terlihat lepas krn ga da rumah2 di sekitar situ n bersih bgt.. Pamekasan bersih n jalannya semua teraspal.. (yang tak lewati) 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s