Soto Cinta atau Soto Madura??

Pasti masbro dan mbaksist pada ga ngebayangin apa itu soto cinta. Ane aja kagak bisa ngebayangin.. 😀

Ini terkait dg makanan favorit aq sejak di Madura. Aq suka banget ama sate, gule n soto Madura, sejak pertama kali nyoba. Khas banget dah pokoknya. Sampe aq temukan tempat sate + gule paling enak di daerah Bangkalan yaitu di sebelahnya toko sepatu & sandal Bata. Recommended banget tuh tapi sayang aq ga p’nah smpet ngambil gambar waktu disana. Itu setelah beberapa kali aq nyoba sate & gule di Bangkalan & Pamekasan, aq masih nemuin yg paling cocok buat aq ya yang itu. *yg itu yg mana?* ya itu, yg uda km baca diatas. 😛

Nah kalo yang soto gmn? Dimana beli soto cinta? Dimana beli soto madura?

Eits,, sabar dulu gan.. saking cintanya sama makanan khas daerahq ini alias SOTO Lamongan, muncul rasa penasaran ama soto Madura. Ternyata bukan bersaing tapi memang beda, soto Lamongan pake ayam, soto Madura pake daging. Aneh banget ya soto pake daging? Emang gule enak pake daging kambing? Emang rawon enak pake daging? Lha ini soto, masa enak pake daging. Sampai akhirnya aq harus hidup menjadi orang Madura selama kurang lebih 1 bulan,*hah? Yg bener aja?* iya bener, aq KKN waktu itu gan… kan berbaur langsung dg masyarakat Madura tulen, waktu acara perpisahan aq dimasakin soto Madura sama ibu klebun, *hah? Elo doang??* kagak.. maksudnya aq sm temen2 KKN, nanya aja lo…!! lanjut gan… nah setelah memakan soto masakan bu klebun and partner rasanya pengen nambah aja, *Eh bu klebun apaan yak?* oh ya bu klebun itu ibu kepala desa, bahasa Maduranya gt, terima aja ga usah protes :D. addicted banget aq gan ama soto itu, tapi sayang krn yg makan bukan cm aq, tp semua kelompok KKNq n tamu2 warga ya akhirnya aq ga bs nambah banyak2…

Sejak itu melekat banget dilidahq n dihatiq soto Madura memang uenak maknyus top markotop n apalagi ya.. yah terserah lah. Sepulang dari KKN lama di tempat kul alias UTM, lama2 kangen jg ama soto Madura, nyari deh di kawasa Kamal, ada yg jual soto Madura namanya cak To, di warung cak To itu rasa soto Maduranya kok gak seperti soto Madura yg pernah aq makan? Jauh banget.. dan memang ternayta cak to itu orang Lamongan, kata orang2 ya pantes aja rasanya beda, bukan orang Madura yg buat.. yyaahh terserah apa kata orang dah, percaya aja ama mitos, sampe akhirnya nyari nyari n nyari masih gda yg ber’taste’.

Langsung aja aq siasati ke Restoran yg bener2 ‘Madura’, gak terimo warung rek, langsung restoran, jenenge restorane ae nggae boso Meduro, tepatnya di Tera’ Bulan.

Artis ae mangane nak kene, eh maksudnya artis aja makannya disini, gak mungkin lah kalo ga enak *logikanya kan gitu*.

 Kebetulan ada menu soto Madura yg harganya gak tanggung-tanggung 17.500,- hanya untuk semangkuk soto Madura, *sama nasinya juga toh?* cek enake kang nasi, masih beli lagi kok.

Melihat tampangnya aja uda ngiler2, langsung tancappp aja…. Uniknya disini sotonya berwarna merah

Padahal biasanya kuning toh? *kuah doang itu?* heh ngawur! Itu didalemnya ada dagingnya masbro, mbaksist! Ya masak daginge tak ngambangin. *lha daginge seberempah mbak?* seberempah iku opo toh mas? Seberapa ta? Ini lo segini

Zoomen pas daginge ae neg gak jelas.. memang unik sambelnya pake irisan cabe.

*mangan tok mbak?* yo gak mangan tok cak, kesereten engko. *Hush! Bahasanya lo*. Oh ya maaf kang ini yg nulis orang jawa meskipun tinggalnya di Madura gak mikir kalo yg baca orang Indonesia, hehe,,, maksudnya tadi itu di restoran gak hanya makan doang tapi jg minum, tapi ini bukan khas Madura, di restoran mana aja ada jd ga usah jauh2 ke Tera’ Bulan u/ dapetin smoothies chocolate.

Hwehehe…. Setelah makanan habis n setelah bayar, baru sadar kalo soto ini masih blm ada ‘taste’nya.

Manaaa soto Madura yg aq rindukan sampai sekarang??? Soto asli Madura Buatan orang Madura ndeso, eeeh maaf buatan orang Madura yg bener2 desa maksudnya.. J dibuat dengan cinta, ikhlas, dan tanpa meraup untung.. sungguh ngangeniiin… enak banget masakan ibu klebun and partner.. ^_^

Sungguh banyak kesan terutama budaya n kuliner selama tinggal di Madura ^_^

Dalam Rangka HUT ke-2 Nak-kanak Blogger Madura Plat-M.

Advertisements

10 thoughts on “Soto Cinta atau Soto Madura??

    • ini siapanya wahyudi31 ya? sodara kembar apa gmn??? 😛
      ga cuma sotonya.. sate, gule.. yg makanan khas Madura gw suka..

  1. dikamal and bangkalan emang susah cirinya kalo soto madura asli ghak pakai rombong seperti soto lamongan pikulan….justru setelah perempatan sidotopo kekiri arah suramadu ada. diburneh ada yang asli namanya soto mata sapi….selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s